Pantai Kuta - Lombok Dengan Butiran Pasir Putih


Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di pulau Lombok yang sudah terkenal dengan keindahan laut dan bentangan pasir putihnya, di sini pasir putihnya sangat berbeda yaitu sedikit besar-besar bak merica. Pantai kuta berada di Lombok Selatan Nusa Tenggara Barat.


Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.

Di pagi hari pemandangan yang menakjubkan dapat dilihat dari puncak perbukitan tersebut. Selain itu terdpat banyak pantai-pantai yang tak kalah menariknya di sepanjang pantai Selatan. Di antaranya pantai Seger, Aan, Mawi, Selong Belanak, Rowok dan Mawun. Dua yang terakhir sangat bagus sebagai lokasi untuk selancar angin maupun untuk olahraga pantai lainnya.




Disetiap tanggal dua puluh bulan sepuluh dalam perhitungan penanggalan Sasak biasanya di adakan ritual penyambutan Bau Nyale. Bau dalam bahasa daerah Sasak berarti ” menangkap” dan Nyale adalah sebuah nama cacing kecil yang biasanya hidup di bebatuan, yang konon menurut lagenda rambut sang putrilah yang menjelma menjadi cacing dengan maksud agar semua masyarakat dapat mendapatkan Putri Nyale ( Nyale )

Sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

 

ARSIP

Blog ini berisi tentang alam Indonesia, dan semoga ini bisa menambah kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi.

Sobat

Kami menerima foto maupun keterangan mengenai alam Indonesia yang indah, jika ada yang ingin menjadikan sebagai postingan dari blog ini, silahkan kirim via email / facebook.

Kontak

Jika ada kekeliruan dalam hal isi blog ini, harap hubungi kami untuk dan agar bisa diperbaiki.