Mahkota Laut Ombak Pantai Plengkung


Pertanyaan yang ingin saya ketahui, dimana ya pantai dengan ombak terpanjang di dunia? di Amerika?  Australia? Ternyata, pantai itu di Indonesia yaitu pantai Plengkung yang berada di sebelah selatan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), 87 km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini mendapatkan julukan “G-Land, The Seven Giant Wave Wonder “ oleh para peselancar asing yang "tergoda" dan kagum akan gulungan ombak nan indah. Nama plengkung diambil dari letaknya yang melengkung di ujung tenggara Jawa.

 

Kata “G-land” memiliki beberapa konotasi diantaranya, “Green”, karena lokasinya berada di tepi hutan hujan yang masih ‘perawan’. “Great”, karena ombaknya terpanjang di dunia, bisa mencapai panjang 2 km dari timur ke barat dalam formasi 7 gulungan ombak bersusun, cocok bagi peselancar kidal serta kedua terbaik dan tertinggi di dunia setelah Hawai, dengan tinggi mampu hingga 5-6 meter dalam interval 5 menit. Biasanya, musim ombak besar datang pada bulan Mei-Oktober, sehingga banyak peselancar professional yang "tergoda" untuk merasakan sensasi Maha Dahsyat dari ombak di ujung selatan Banyuwangi ini. “Grajagan”, nama pelabuhan nelayan terdekat, tempat menyeberang sebelum ada jalan yang melintas di TNAP. 


Konon di G-Land atau pantai Plengkung ini ombaknya hampir menyerupai trio “the heaven of surf” itu. Panjang ombak G-Land sendiri yaitu bisa mencapai sekitar 2 kilometer, dan tinggi maksimal 6 meter, bisa anda bayangkan sendiri bagaimana keadaan ombak disana. Begitu kerasnya terpaan ombak tak jarang membuat papan surf yang biasa terbuat dari serat karbon itu patah.  Kita sebagai orang Indonesia juga berpatut bangga karena peselancar kelas dunia pun bernah mencoba ombak pantai ini dalam gelaran event internasional Quicksilver Pro yang diadakan berturut-turut pada tahun 1995-1997 di Pantai ini. Sayangnya, krisis ekonomi Indonesia yang terjadi pada tahun 1998 membuat gelaran Internasional tahun berikutnya di alihkan ke negara lain.

Ayo nikmati keindahan pantai unggulan kabupaten Banyuwangi yang telah mendunia ini dan dapatkan pengalaman berselancar dengan ombak nomor satu di dunia!







Sumber
  1. http://dirindo.blogspot.com/2013/11/pantai-plengkung-penggoda-peselancar.html
  2. http://www.kelilingnusantara.com/id/g-land-plengkung/







0 Komentar:

Posting Komentar

 

ARSIP

Blog ini berisi tentang alam Indonesia, dan semoga ini bisa menambah kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi.

Sobat

Kami menerima foto maupun keterangan mengenai alam Indonesia yang indah, jika ada yang ingin menjadikan sebagai postingan dari blog ini, silahkan kirim via email / facebook.

Kontak

Jika ada kekeliruan dalam hal isi blog ini, harap hubungi kami untuk dan agar bisa diperbaiki.