Taman Nasional Baluran

Savana Bekol
Savana Bekol

Sebagai salah satu tempat pariwisata dan rekreasi, Baluran mempunyai beberapa obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi antara

Potensi Kawasan

Keadaan topografi bervariasi dari datar sampai berbukit-bukit dengan puncak tertinggi gunung Baluran (±1.247 m dpl). Dengan ketinggian tempat antara 0 – 1.247 m, kawasan ini memiliki iklim bertipe Monsoon dengan curah hujan antara 900-1.600 mm/tahun dan suhu udara antara 27° – 30° Celcius.
Taman Nasional Baluran memiliki padang savana alamiah 40% dari luas kawasan, hutan mangrove, pantai, payau/rawa dan musim. Tumbuhan yang khas Baluran adalah Widoro bekol (Zyzyphus rotundifolia) dan tumbuhan yang lain seperti Asam (Tamarindus indica), Gadung (Dioscorea hispida), Kemiri (Aleuritas moluccana), Gebang (Corypha utan) dan lain-lain. 

Sebagai salah satu tempat pariwisata dan rekreasi, Baluran mempunyai beberapa obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi antara lain :
  1. Goa Jepang

    Goa seluas ± 12 m2 ini terletak di pintu masuk kawasan Taman Nasional Baluran di Batangan, tepatnya di depan Kantor Balai TN Baluran. Goa Jepang ini merupakan peninggalan sejarah pada jaman penjajahan Jepang yang digunakan sebagai benteng pertahanan, dan tempat penyimpanan amunisi.
  2. Savana Bekol

    Savana Bekol sebagai salah satu obyek wisata alam andalan Baluran memiliki luas kawasan ± 300 Ha yang meliputi hamparan savana satu-satunya dan terluas di Pulau Jawa, dengan latar belakang Gunung Baluran menjadikan pengunjung serasa berada di Afrika.
    Apabila ingin melihat panorama Savana Bekol secara keseluruhan, pengunjung dapat naik ke menara pandang, dan akan mendapatkan panorama yang indah. Dengan bantuan binokuler, pengunjung dapat melihat savana Bekol dari atas menara sekaligus melihat pantai Bama dan Gunung Baluran. Selain panorama, pengunjung dapat melihat atraksi satwa setiap harinya terutama pada pagi dan sore hari.
    Adanya tanaman Acacia nilotica yang menginvasi  savana, dalam perkembangannya memiliki fungsi yang penting sebagai sumber pakan satwa herbivor pada saat musim kemarau.
    Tempat ini berjarak ± 12 km dari pintu masuk Baluran, dan pengunjung dapat menjangkaunya dengan kendaraan sepeda motor maupun mobil. Sepanjang jalan menuju Bekol, pengunjung dapat menjumpai burung merak (Pavo muticus), ayam hutan (Gallus sp.), dan berbagai jenis burung.
  3. Gunung Baluran

    Bagi pengunjung yang menyukai petualangan dan uji nyali, dengan ditemani petugas taman nasional, anda dapat mendaki Gunung Baluran setinggi ± 1.240 m dpl. Di atas Gunung Baluran pengunjung dapat menemui kaldera sepanjang ± 600 m dan sumber mata air Kacip yang tidak pernah kering sepanjang tahun.
  4. Pantai Bama

    Pantai dengan hamparan pasir putih ini terletak ± 3 km dari Savana Bekol, dan dikelilingi oleh hutan mangrove sebagai habitat berbagai jenis burung dan satwa  primata. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati indahnya sunrise dan atraksi kera abu-abu yang sedang memancing menggunakan ekornya di pantai pada pagi hari.
    Selain kera abu-abu (Macaca fascicularis),  di sekitar Pantai Bama pengunjung dapat menemukan satwa lutung (Trachypitecus auratus), biawak (Varanus salvator), dan aneka jenis burung.
    Selain panorama darat, Pantai Bama menyimpan keindahan panorama bawah air yang menawan. Aneka terumbu karang dan ikan hias dapat ditemui disini. Pantai Bama ramai dikunjungi pada saat musim liburan sekolah.
  5. Pantai Bilik dan Sejile

    Bagi pengunjung yang menginginkan ketenangan, Pantai Bilik dan Sejile merupakan tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pantai berpanorama indah ini terletak di sebelah utara wilayah perairan TN Baluran.
    Selain tenang dan bersih dari polusi, pantai ini akan tampak khas pada saat air laut surut, karena akan tampak daratan berpasir putih yang berbentuk menyerupai lidah, sehingga dinamakan Sejile (bahasa Madura) yang berarti lidah.
    Selain panorama pengunjung dapat melihat pemandangan bawah air yang menakjubkan. Terumbu karang yang masih utuh serta aneka ikan hias menjadikan pemandangan bawah laut pantai ini telah terkenal di kalangan turis mancanegara. Di sekeliling pantai ini terdapat juga panorama hutan mangrove yang menarik untuk dijelajahi.
    Pantai Bilik dan Sejile dapat dicapai melalui jalan darat (pintu masuk SPTN W II Karangtekok) maupun jalan laut dengan menggunakan perahu.


View savanna Bekol dari menara pandang




0 Komentar:

Posting Komentar

 

ARSIP

Blog ini berisi tentang alam Indonesia, dan semoga ini bisa menambah kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi.

Sobat

Kami menerima foto maupun keterangan mengenai alam Indonesia yang indah, jika ada yang ingin menjadikan sebagai postingan dari blog ini, silahkan kirim via email / facebook.

Kontak

Jika ada kekeliruan dalam hal isi blog ini, harap hubungi kami untuk dan agar bisa diperbaiki.