Burangrang berbalut mutiara alam


Gunung Burangrang terletak di sebelah utara kota bandung propinsi jawa barat, memiliki ketinggian sekitar 2050 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu sisa dari hasil letusan gunung sunda di zaman pra sejarah, bila kita melihat pemandangan dari puncak gunung Burangrang maka kita bisa melihat cekungan yang sekelilingnya dikelilingi gunung2 memutar dari gunung burangrang sampai ke gunung Tangkuban Perahu.
Untuk mencapai gunung puncak Burangrang ada 2 jalur yang sudah biasa digunakan para pendaki gunung yaitu dari jalur Legok haji dan jalur Lawang angin, sebenaranya ada satu jalur lagi yaitu lewat jalur padalarang hanya saja saya sendiri belum pernah mencoba naik lewat jalur itu, sementara jalur yang sering saya gunakan yaitu naik lewat legok haji sedangkan untuk turun lewat lawang angin. Jalur legok haji kira2 memerlukan waktu 2jam sampai ke punacak burangrang, lewat jalur ini kita akan langsung menuju puncak utama sementara bila kita naik dari lawang angin kita akan melewati bebrapa puncak bayangan. Untuk mendaki gunung burangrang lewat kedua jalur tersebut lebih dekat ke arah cimahi, jadi dari bandung naik angkot ke cimahi turun di pasar atas, dari situ naik angkutan lagi yang ke cisarua. sebenarnya bisa juga dari arah lembang hanya saja jalur bandung-lembang-cisarua terlalu memutar jauh belum lagi sering macet terlebih kalau hari libur.

Jalur legok haji , untuk lewat jalur ini sebelum cisarua kita berhenti di SPN (sekolah kepolisian negara), darisini kita bisa naik ojek atau bisa juga jalan kaki jarak sampai desa terakhir di kaki gunung kira-kira 2-3 km. Setelah melewati desa terakhir kita belok kanan melewati kebun petani. disini kita bisa mengisi persediaan air, setelah itu jalur pendakian melewati punggungan gunung dan mulai memasuki hutan, dan kira2 dua jam perjalanan kiat bisa sampai dipuncak.
Dan inilah sedikit dari banyaknya mutiara alam yang menyelimuti burangrang
Rangkaian Gunung di Timur Burangrang
 
Gunung Gede - Pangrango di Barat Burangrang
Puncak Bayarang & Situ Lembang
Pemandangan Gunung Cikuray terlihat dari puncak burangrang



0 Komentar:

Posting Komentar

 

ARSIP

Blog ini berisi tentang alam Indonesia, dan semoga ini bisa menambah kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi.

Sobat

Kami menerima foto maupun keterangan mengenai alam Indonesia yang indah, jika ada yang ingin menjadikan sebagai postingan dari blog ini, silahkan kirim via email / facebook.

Kontak

Jika ada kekeliruan dalam hal isi blog ini, harap hubungi kami untuk dan agar bisa diperbaiki.